Membuat game flash mobil menembak bola

Buat lembar kerja baru ukuran 700 x 500
Buat gambar di bawah ini dan komfert menjadi movie clip dengan menekan F8 dengan nama bodi mobil











Buat gambar di bawah ini dan convert menjadi ban klik 2x untuk masuk ke menu edit

















Dan klik kanan frame 2 dan 3 pilih insert keyframe atau klik f6 dan putar bannya sedikit untuk membuat bannya muter seperti gambar dibawah ini













Pasangkan bodi mobil dan bannya seperti gambar di bawah ini














Dan convert menjadi movie clipt bernama mobil dan berinstance name mobil











Buat gambar seperti bawah ini dan convert menjadi mc bernama bola










Klik 2x untuk masuk ke menu edit, dan buat 2 layer baru masing 2x bernamakan label dan as















Klik kanan frame 2 layer1 insert keyframe dan buat gambar di bawah ini














Klik kanan frame 3 layer1 insert keyframe dan buat gambar di bawah ini














Klik kanan frame 4 layer1 insert keyframe dan buat gambar di bawah ini

















Klik kanan frame 5 layer1 insert keyframe dan buat gambar di bawah ini










Klik kanan frame 6 layer1 insert keyframe dan buat gambar di bawah ini













Klik kanan frame 7 layer1 insert keyframe dan buat gambar di bawah ini













Klik kanan frame 8 layer1 insert keyframe dan buat gambar di bawah ini



















Klik kanan frame 8 layer1 insert keyframe dan delete sisanya
Klik kanan frame 9 layer label pilih insert frame dan masukkan tulisan “ancur” (tanpa tanda kutif) pada freme label



















Klik kanan frame 9 layer as dan pilih insert blank keyframe
Klik frame 1 layer as dan tekan F9 masukkan script berikut --> stop();
Klik frame 9 layer as dan tekan F9 masukkan script berikut --> stop();














Kembali ke stage
Selanjutnya……………
Klik insert dan pilih new symbol, pilik movie clipt sebagai tipe symbol dan tembak sebagai nama

Buat 2 layer baru dan masing 2x bernama as dan label























Biarkan frame 1 layer 1 kosong dan klik kanan insrt key frame pada freme 2-15 dan buat gambar di bawah ini (satu buletan hanya ada pada satu frame)




















klik kanan insrt key frame pada freme 16-30 dan buat gambar di bawah ini (satu buletan hanya ada pada satu frame)











Klik layer1 layer label ketikkan nembak_lurus pada frame label
Klik kanan pada frame 16 layer label pilih insert blank key frame dan ketikkan nembak_serong pada frame label
Klik kanan pada frame 30 layer label dan pilih insert frame
Selanjutnya…………….

Klik kanan frame15 layer as insert blank keyframe
Klik kanan frame30 layer as insert blank keyframe
Dan klik frame1 layer as dan masukkan script berikut --> stop();
Dan klik frame15 layer as dan masukkan script berikut --> gotoAndStop(1);
Dan klik frame30 layer as dan masukkan script berikut --> gotoAndStop(1);
Selanjutnya…………..
Buat Gambar di bawah ini dan perbasar dengan free transform tool dan panjangkan sampai ukuran tinggi stage/lembar kerja dan convert menjadi mc dengan nama pembatas dan instance name bernamakan batas















Dan kemudian buat 1 layer baru yg bernamakan as
Klik layer 1 as dan masukkan script berikut
stop();
tembak.onEnterFrame = function() {
// dan jika tombol s di tekan
if (Key.isDown(83)&& this._currentframe == 1) {
//maka mainkan frame berlabel nembak_lurus
this.gotoAndPlay("nembak_lurus");
}
// dan jika tombol a di tekan
if (Key.isDown(65) && this._currentframe == 1) {
//maka mainkan frame berlabel nembak_serong
this.gotoAndPlay("nembak_serong");
}
};
bola.onEnterFrame = function() {
//jika movie clip ini menabrak tembak
if (this.hitTest(tembak) && this._currentframe == 1) {
//mainkan frame berlabel ancur
this.gotoAndPlay("ancur");
}
if (this.hitTest(mobil)) {
//mainkan frame 2
gotoAndPlay(2);
}
if (this.hitTest(batas)) {
//mainkan frame 2
gotoAndPlay(2);
}
};
bola1.onEnterFrame = function() {
//jika movie clip ini menabrak tembak
if (this.hitTest(tembak) && this._currentframe == 1) {
//mainkan frame berlabel ancur
this.gotoAndPlay("ancur");
}
if (this.hitTest(mobil)) {
//mainkan frame 2
gotoAndPlay(2);
}
if (this.hitTest(batas)) {
//mainkan frame 2
gotoAndPlay(2);
}
};
bola2.onEnterFrame = function() {
//jika movie clip ini menabrak tembak
if (this.hitTest(tembak) && this._currentframe == 1) {
//mainkan frame berlabel ancur
this.gotoAndPlay("ancur");
}
if (this.hitTest(tembak)) {
//mainkan freme 3
gotoAndPlay(3);
}
if (this.hitTest(mobil)) {
//mainkan frame 2
gotoAndPlay(2);
}
if (this.hitTest(batas)) {
//mainkan frame 2
gotoAndPlay(2);
}
};
bola3.onEnterFrame = function() {
//jika movie clip ini menabrak tembak
if (this.hitTest(tembak) && this._currentframe == 1) {
//mainkan frame berlabel ancur
this.gotoAndPlay("ancur");
}
if (this.hitTest(mobil)) {
//mainkan frame 2
gotoAndPlay(2);
}
if (this.hitTest(batas)) {
//mainkan frame 2
gotoAndPlay(2);
}
};
bola4.onEnterFrame = function() {
//jika movie clip ini menabrak tembak
if (this.hitTest(tembak) && this._currentframe == 1) {
//mainkan frame berlabel ancur
this.gotoAndPlay("ancur");
}
if (this.hitTest(mobil)) {
//mainkan frame 2
gotoAndPlay(2);
}
if (this.hitTest(batas)) {
//mainkan frame 2
gotoAndPlay(2);
}
};
bola5.onEnterFrame = function() {
//jika movie clip ini menabrak tembak
if (this.hitTest(tembak) && this._currentframe == 1) {
//mainkan frame berlabel ancur
this.gotoAndPlay("ancur");
}
if (this.hitTest(mobil)) {
//mainkan frame 2
gotoAndPlay(2);
}
if (this.hitTest(batas)) {
//mainkan frame 2
gotoAndPlay(2);
}
};
Selanjutnya………………..
Tarik mc yg bersangkutan pada library ke stage
Nama mc instance name
Mobil --> mobil
Bola --> bola,bola1,bola2,bola3,bola4,bola5
tembak --> tembak
Pembatas --> batas






















Selanjutnya kita bikin background…………………………
Buat layer baru bernamakan background dan lock/kunci layer 1 dan layer as













Buat gambar seperti yg di bawah convert menjadi mc denagn nama garis luar













Lalu buat gambar seperti ini dan konvet menjadi mc bernama garis









Lalu satukan










Lalu klik kanan pada frame2 dan insert keyframe buat gambar yg di bawah












Lalu klik kanan pada frame3 dan insert keyframe buat gambar yg di bawah











Lalu kembali ke stage dan atur seperti gambar di bawah ini












Lalu buat awan dengan menggunakan oval tool











Selanjutnya………..
Unlock layer
Sekarang kita membuat tampilan kalah dan menang
Klik kanan frame 2 layer 1 dan pilih insert blank keyframe
Dan buat tulisan kalahnya dengan menggunakan text tool














Buat tulisan maen laghe bertipe static text dan convert menjadi buton dengan nama terserah












Klik 2x untuk masuk ke menu edit klik kanan frame2/over dan ganti warna pada text main lagi
















Kembali ke stage lalu seleksi buton maen langhe tekan F9 dan masukkan script (masukkan pada buton)
on (press)
{
gotoAndStop(1);
}
Kembali ke stage Kemudian klik frame2 layer as dan tekan F9 maukksan script  stop();
Klik frame 3 layer 1 klik kanan insert blank keyframe dan tekan F9 maukksan script  stop();
Buat static text bertuliskan menang












Dan copy buton maen laghe dari frame 2 ke frame 3 layer1
Screnshoot perframe
Frame1





























Frame2





























Frame3




















Cara main
menembak --> a dan s
Ya demikin tutorial dari saya bila ada kekurangan mohon anda perbaiki skreatif amajinasi anda dan menjadikan tutorial yg lebih baik akhir kata

Wassalammualaikum wr.wb
Si penulis
Ferdiansah___________________www.idrepcui.blogspot.com

untuk game dan mentahannya download di sini

Komentar

  1. ini pake software apa?

    BalasHapus
  2. Blogwalking, keren tu tipsnya.. visit saya juga ya :D

    BalasHapus
  3. waah panjang amat caranya ya, q blm gagal prakteknya neeh.ada yg lbh mudah gk mas?
    tp ok infonya and salam kenal

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer