Jumat, 16 Desember 2011

membuat game flash pukul syuriken

Preview




Buat flash dokumen berukuran 800 x 600 px
Dan buat 2 buah layer bernamakan label dan as/action script
Buat 4 buah batang dan konvert menjadi movie clipt mau di copy paste(copas) juga bias. seperti gambar di bawah ini













Selanjutnya………

Buat sebuah persegi panjang dan konvert menjadi mc dengan nama pemukul seperti gambar bawah ini









Selanjutnya………
Buat gambar orang dan letakkan seperti gambar yg di bawah ini

















Dan komvert menjadi movie clip dengan nama “pemain” dan instance name “pemain” tanpa tanda kutif







Selanjutnya………
Sekarang kita edi mc pemain tsb dengan mengklik 2x mc tsb.
Pada menu edit klik kanan frame 2 dan pilih insert keyframe














Klik onion skin untu membuat bayangan pada lambar kerja













edit gambar dan lakukan berulang ulang sampai flrame13



















Selanjutnya………

Buat 2 layer baru dengan nama “label”dan “as”/”action sript” (namain tinggal klik 2x)









Pada layer satu as/action sript masukkan script dengan menekan F9
stop();
klik kanan pada layer 13 dan pilih insert blank keyframe dan tekan F9 dan masukkan sript di bawah ini :
gotoAndStop(1);
dan klik pada layer1 label dan klik panel properties dan tuliskan memukul pada frame label

Selanjutnya………


Buat sebuah gambar suriken





Dan konfert menjadi mc dangan nama suriken dan instance namenya “bola”
Sekarang buat sebuah persegi panjang dan convert menjadi sensor dan instance namenya “sensor” seperti gambar di bawah ini











dan letakkan persegi panjang tsb di badan mc pemain seperti gambar di bawah
















Masih di mc sensor, pada panel properts pada color dari none ubah menjadi apha ukurannya 0% agar tidak terlihat

Selanjutnya………
Copy mc pemain dan paste, Klik copi’an mc pemain klik kanan dan pilih duplikate symbol menjadi mc dengan nama pemukul2 dan instance namenya “pemukul”













Masuk ke menu edit lalu apus gambar orangnya pada semua frame dan hanya meninggalkan pemukulnya saja lalu klik frame1 pada layer label ganti frame labelnya menjadi “mukul” gak pake tanda kutif















 Dan taro bersamaan pada pemukul yg di pegang pemain pada panel properties paad color dari none manjadi alpha 0%






Selanjutnya…..
Buat 2 dynamic text dengan text tool dengan var “minute” dan “second”









Selanjutnya………

Pada frame1 layer as tekan F9 dan masukkan sript sebagai berikut :
stop();
pemain.onEnterFrame = function() {
//jika tombol spasi di tekan maka mainkan frame yang berlabel memukul
if (Key.isDown(Key.SPACE) && this._currentframe == 1) {
this.gotoAndPlay("memukul");
//jika tombol kanan di tekan maka mc akan bergerak kekanan
}
if (Key.isDown(Key.RIGHT)) {
this._xscale = 100;
this._x = this._x+20;
}
//jika tombol kiri di tekan maka mc akan bergerak kekiri
if (Key.isDown(Key.LEFT)) {
this._xscale = 100;
this._x = this._x-20;
}
//jika tombol atas di tekan maka mc akan bergerak keatas
if (Key.isDown(Key.UP)) {
this._yscale = 100;
this._y = this._y-20;
}
//jika tombol bawah di tekan maka mc akan bergerak kebawah
if (Key.isDown(Key.DOWN)) {
this._yscale = 100;
this._y = this._y+20;
}
};
pemukul.onEnterFrame = function() {
//jika tombol spasi di tekan maka mainkan frame yg berlabel memukul
if (Key.isDown(Key.SPACE) && this._currentframe == 1) {
this.gotoAndPlay("mukul");
//jika tombol kanan di tekan maka mc akan bergerak kekanan
}
if (Key.isDown(Key.RIGHT)) {
this._xscale = 100;
this._x = this._x+20;
}
//jika tombol kiri di tekan maka mc akan bergerak kekiri
if (Key.isDown(Key.LEFT)) {
this._xscale = 100;
this._x = this._x-20;
}
//jika tombol atas di tekan maka mc akan bergerak keatas
if (Key.isDown(Key.UP)) {
this._yscale = 100;
this._y = this._y-20;
}
//jika tombol bawah di tekan maka mc akan bergerak kebawah
if (Key.isDown(Key.DOWN)) {
this._yscale = 100;
this._y = this._y+20;
}
};
sensor.onEnterFrame = function() {
//jika tombol kanan di tekan maka mc akan bergerak kekanan
if (Key.isDown(Key.RIGHT)) {
this._xscale = 100;
this._x = this._x+20;
}
//jika tombol kiri di tekan maka mc akan bergerak kekiri
if (Key.isDown(Key.LEFT)) {
this._xscale = 100;
this._x = this._x-20;
}
//jika tombol atas di tekan maka mc akan bergerak keatas
if (Key.isDown(Key.UP)) {
this._yscale = 100;
this._y = this._y-20;
}
//jika tombol bawah di tekan maka mc akan bergerak kebawah
if (Key.isDown(Key.DOWN)) {
this._yscale = 100;
this._y = this._y+20;
}
};
bola.onEnterFrame = function() {
//jika movie clip ini menabrak sensor
if (this.hitTest(sensor)) {
//mainkan frame 2
gotoAndPlay(2);
}
};
//script untuk waktunya
waktu = 0;
waktu_tekan = 0;
fps = 0;
detik = 20;
menit = 0;
waktu_hidup = true;
onEnterFrame = function () {
if (menit<10) { _root.minute = "0"+menit; } else { _root.minute = menit; } if (detik<10) { _root.second = "0"+detik; } else { _root.second = detik; } if (waktu_hidup) { fps++; if (fps == 20) { detik -= 1; fps = 0; } if (menit>0 && detik == 0) {
menit -= 1;
detik = 59;
}
//jika detik = 0 dan wakktu = 0 maka mainkan frame yg berlabel lv2
if (menit == 0 && detik == 0) {
gotoAndStop("lv2");
delete this.onEnterFrame;
}
}
};
Selanjunya klik mc suriken dan tekan F9 dan masukkan script berikut:
onClipEvent (load) {
kecepatanx = 30;
kecepatany = 30;
}
onClipEvent (enterFrame) {
_x += kecepatanx;
_y += kecepatany;
}
Selanjutnya…….
Klik mc batang yg ada di atas dan masukkan scrip sbg nerikut:
onClipEvent (enterFrame) {
if (hitTest(_root.bola)) {
_root.bola.kecepatany = -_root.bola.kecepatany;
}
}
Selanjutnya……
Klik mc batang yg berada di bawah dan masukkan sript yg sama dengan sript batang yg berada di atas
Selanjutnya….
Klik mc batang yg ada di sisi bagian kiri dan masukkan script :
onClipEvent (enterFrame) {
if (hitTest(_root.bola)) {
_root.bola.kecepatanx = -_root.bola.kecepatanx;
}
}
Selanjutnya…..
Kklik mc di sisi bagian kanan dan masukkan sript sama dengan scrip pada mc batang bagian kikri
Selanjutnya…..
Klik mc pemukul2 dan tekan f9 masukkan scrip berikut:
onClipEvent (enterFrame) {
if (hitTest(_root.pbola)) {
_root.bola.kecepatany = -_root.bola.kecepatany;
}
if (hitTest(_root.bola)) {
_root.bola.kecepatanx = -_root.bola.kecepatanx;
}
}

Selanjutnya …….
blog frame 2 pada semua layer klik lanan pilih insert blank keyframe









pada frame2 layer as masukkan script:
stop();
klik frame 2 layer1 dan buat tulisan kalahnya missal

Selanjutnya …….
blog frame 3 pada semua layer klik lanan pilih insert blank keyframe
pada frame3 layer as masukkan script:
stop();
klik frame 3 layer1 dan buat tulisan menangnya missal

Dan pada layer label frame3 pada propertis tuliskan lv2 pada frame label
Selanjutnya …….
Tekan ctrl + enter untuk melhat hasilnya kalo hasilnya jelek ya bagusin sendiri

-=cara main=-
tingal pukul aja syurikennya dengan menekan tombol spasi
dan kalo syurikennya kena badan berarti lo kalah

.fla nya --> download di sini
.swfnya --> download di sini

Demikin tutorial singkat dari saya akhir kata wassalam…………………………
Penulis
Ferdiansahqcui------------www.idrepcui.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar